Selasa, 31 Juli 2012

Berapa Detik Duduk Permohonanmu?

Dalam sholat, duduk diantara dua sujud di sebut juga dengan "duduk permohonan". Hal ini dikarenakan dalam bacaan duduk diantara dua sujud mengandung permohonan-permohonan yang bersifat duniawi maupun akhirat.

Di dalam bacaan duduk diantara dua sujud inilah, dimana kita bisa meminta 7 permohonan penting kepada Allah SWT Yang Maha Pemurah. 7 permmohonan tersebut yaitu :

1. Ampunan
2. Belas kasihan

3. Kecukupan
4. Derajat yang tinggi
5. Rizki
6. Petunjuk
7. Kesehatan

" Rabbighfirlii, warhamni, wajburnii, warfa'nii, wahdinii, waafinii, waafinii, wafuu'ani "
Yaa Tuhanku, ampunilah dosaku, belas kasihanilah diriku, cukupkanlah kekuranganku, tinggikanlah derajatku, berilah aku rizki, berilah aku petunjuk, berilah aku kesehatan, dan maafkanlah aku...



Banyak diantara kita yang belum mengerti makna dari pentingnya duduk antara sehingga melakukan duduk antara hanya sekitar 3-5 detik saja. Padahal untuk dapat menghayati 7 ratapan permohonan pokok ini dibutuhkan sekitar 20 detik!

Kalau duduk permohonan kita hanya 5 detik, membaca do'a secepat kilat, tanpa ratapan, harapan dan penghayatan..... Pantaskah kita mengharap tujuh permohonan kita di kabulkan??

Maka dari itu, yuk kita sama-sama introspeksi, apakah kita sudah cukup memberi penghayatan dalam setiap bacaan dan gerakan sholat kita. Mari kita selalu berusaha menuju sholat yang lebih baik :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar